Siap-siap! WHO Minta Asia Tenggara Waspada Soal Omicron

- Minggu, 28 November 2021 | 12:57 WIB
Ilustrasi Virus Corona Varian Baru Omicron (Unsplash/CDC)
Ilustrasi Virus Corona Varian Baru Omicron (Unsplash/CDC)

HALUAN KALTIM - Negara-negara di dunia diminta untuk bersiap-siap menghadapi Covid-10 varian Omicron.

Permintaan ini dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), namun WHO lebih memfokuskan bagi negara-negara Asia Tenggara untuk meningkatkan pengawasan, memperkuat langkah-langkah kesehatan dan sosial dan meningkatkan cakupan vaksinasi.

Baca Juga: Ancam Chelsea, Pelatih Liverpool Sorot Salah Satu Pemainnya

Pasalnya varian baru ini diklaim oleh para peneliti lebih resisten terhadap vaksin membuat orang yang sudah divaksin bisa tertular kembali.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Hindustan Times pada Minggu, 28 November 2021, pernyataan ini dikeluarkan oleh direktur regional WHO untuk wilayah Asia Tenggara, Dr Poonam Khetrapal Singh.

Ia meminta berbagai negara di Asia tenggara untuk melihat adanya potensi impor varian baru Covid-19 yang mungkin terjadi dari perjalanan internasional.

"Meskipun kasus COVID-19 telah menurun di sebagian besar negara di Wilayah kami, lonjakan kasus di tempat lain di dunia dan konfirmasi Varian Kekhawatiran baru, adalah pengingat akan risiko yang terus ada.

"Sekaligus menjadi kebutuhan kami untuk terus melakukan upaya kami. Terbaik untuk melindungi dari virus dan mencegah penyebarannya," kata Singh dalam keterangan resminya Sabtu, 27 November 2021.

Ia meminta agar berbagai negara tak menurunkan penjagaannya untuk bisa mengatasi varian baru Covid-19 Omicron ini.

Baca Juga: Satu Terduga Pelaku Mutilasi di Bekasi Diringkus Polisi

Halaman:

Editor: Faisal Haluan

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X