Ancaman Perang Dunia 3, AS Minta Seluruh Warganya Tinggalkan Ukraina

- Senin, 24 Januari 2022 | 11:53 WIB
Persiapan untuk invasi Rusia terhadap Ukraina sedang berlangsung. ( Financial Times)
Persiapan untuk invasi Rusia terhadap Ukraina sedang berlangsung. ( Financial Times)

HALUAN KALTIM - Pemerintah Amerika Serikat (AS) meminta seluruh warganya untuk meninggalkan Ukraina. Hal itu dilakukan AS terkait dengan ancaman serangan Rusia yang dapat memulai Perang Dunia 3 kapan saja.

Hal tersebut diketahui berdasarkan peringatan perjalanan terbaru yang dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri AS pada Minggu, 23 Januari 2022 malam.

“Kami mendesak para diplomat maupun warga AS di Ukraina untuk segera keluar dari negara itu dengan menggunakan pesawat komersial demi keamanan diri masing-masing,” katanya.

Baca Juga: Mantan Kapolres OKU Timur Ditahan karena Diduga Terima Uang Suap

Sebelumnya, Ukraina telah masuk dalam negara kategori empat yang berbahaya untuk didatangi sejak tahun lalu oleh warga AS akibat pandemi Covid-19.

Departemen Luar Negeri AS telah memperbarui status tersebut menyusul meningkatnya ketegangan di perbatasan Ukraina-Rusia yang dapat memicu Perang Dunia 3.

"Rusia sedang merencanakan serangan militer yang signifikan terhadap Ukraina," kata pernyataan tersebut.

Baca Juga: Cabuli Balita Anak Tetangga, Pria Tua di Tasikmalaya Ini Ditangkap Polisi

“Serangan itu akan sangat berdampak pada kemampuan Kedutaan Besar AS di Ukraina untuk memberikan pelayanannya kepada warga AS,” tambahnya.

Meskipun saat ini situasi di Ukraina sudah mulai memasuki situasi genting, namun mereka tidak akan melakukan evakuasi besar-besar layaknya pada saat Taliban menguasai Afghanistan tahun lalu.

Halaman:

Editor: Faisal Haluan

Sumber: Pikiran Rakyat Bekasi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X