Simak 5 Cara Mengajarkan Seks se Anak-anak. Salah Satunya Pengenalan Anggota Tubuh Mereka

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 10:15 WIB
Ilustrasi anak s (pixabay/user_id:10302144)
Ilustrasi anak s (pixabay/user_id:10302144)

HALUAN KALTIM - Salah satu hal yang mendefinisikan anak-anak adalah rasa ingin tahu mereka. Tak jarang, rasa ingin tahu itu membuat mereka melontarkan berbagai pertanyaan yang tak kita duga-duga. Tak terkecuali halnya dengan seks.

“Apa?!” Sontak kita akan terkaget-kaget dan bingung dalam menjawab pertanyaan mereka. Padahal, pendidikan seks adalah hal yang penting agar anak-anak bisa berlatih menjaga diri mereka dan menjadi bijaksana saat dewasa.

Baca Juga: 4 Tips Cara Merawat Kucing buat Pemula, Salah Satunya siapkan Obat dan Makanan

Pengetahuan tentang seksualitas bukan berarti mengajari anak-anak menjadi vulgar, tetapi mengajak mereka lebih terbuka dan lebih menjaga tubuh mereka. Lantas, bagaimana sebaiknya pendidikan seks ke anak-anak dilaksanakan? Daripada terus-terusan bingung, ayo baca artikel di bawah ini!

1. Jangan menghindar dari pertanyaan mereka.

Ketika anak-anak bertanya tentang seks, kita cenderung akan menghindar atau pura-pura tidak mengerti. Selain bingung mau menjawab apa, kadang kita juga merasa bahwa informasi seputar seks tidak diperlukan oleh mereka. Padahal, penting bagi mereka untuk mendapatkan informasi yang kredibel dari orang-orang yang memang peduli dan menyayangi mereka.

2. Sampaikan dengan apa adanya

Karena segan atau canggung, kita kadang memilih menggunakan kata-kata pengganti yang aneh seperti “anu” atau “burung” untuk alat kelamin dalam menerangkan ke anak-anak perihal seks. Gunakan saja kata penis dan vagina. Ini akan membuat mereka lebih mampu menyikapi seks dengan bijaksana, tidak “heboh” dan berlebihan. Jangan lupa jelaskan juga bahwa kata-kata tersebut hanya boleh digunakan dengan sopan.

3. Sesuaikan informasi yang kamu berikan dengan usia mereka

 

Seberapa jauh kamu “membocorkan” informasi harus disesuaikan dengan usia mereka. Penyesuaian usia ini bukan kepada jujur atau tidaknya kita menjawab, melainkan tentang tingkat kerumitan jawaban kita.

Halaman:

Editor: Faisal Haluan

Sumber: Hipwee

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Cara Praktis Menyimpan Cabai Agar Tahan Lama

Minggu, 6 Februari 2022 | 20:21 WIB

4 Zodiak Diyakini Paling Gampang Bikin Patah Hati

Selasa, 11 Januari 2022 | 21:39 WIB

Terpopuler

X