5 Cara Menghilangkan Rasa Sedih dengan Cepat, Salah Satunya Beribadah

- Sabtu, 5 Februari 2022 | 14:14 WIB
Ilustrasi sedih
Ilustrasi sedih

HALUAN KALTIM - Saat merasa sedih, kita terkadang melampiaskan kesedihan dengan ke hal-hal yang buruk seperti marah-marah, menyalahkan diri sendiri atau menyalahkan orang di sekitar kita.

Berikut ini beberapa cara mengatasi rasa sedih dengan cepat dan mudah.

1. Menangis
Kesedihan jika dipendam bisa menyebabkan stres dan beban pikiran. Dan untuk melepaskan kesedihan, kamu bisa menangis sepuas-puasnya. Menangis bisa mengurangi rasa sakit, karena saat menangis tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang membuatmu merasa lebih tenang.

Baca Juga: Kemenkes sebut Jumlah Pasien Covid-19 Dirawat di Rumah Sakit Masih Rendah

2. Tidur
Daripada meluapkan kesedihan dengan marah-marah dan hal negatif lainnya. Lebih baik alihkan kesedihanmu dengan beristirahat. Saat beristurahat, tubuh akan mengumpulkan energi dan saat bangun perasaanmu akan jadi jauh lebih baik. Sebaliknya, kurang istirahat bisa menyebabkan stres dan daya tahan tubuh yang lemah.


3. Curhat
Menarik diri atau menyendiri justru dapat membuat kesedihan semakin parah dan mudah membuatmu dikuasi pikiran negatif. Carilah teman yang bisa kamu ajak becerita dan berkeluh kesah tentang kesedihannmu. Selain bisa meringankan beban pikiran, curhat juga akan membuatmu merasa kalau kamu tak sendiri dan mendapat dukungan dari orang lain.

4. Makan makanan enak
Makan makanan yang enak tak hanya berfungsi untuk menambah energi dan nafsu makan, tetapi juga bisa mengembalikan suasana hati. Sehingga banyak yang menyarankan saat sedih untuk makan cokelat atau makanan manis lainnya, asalkan tidka terlalu banyak. Selain rasanya yang lezat, makanan enak juga bisa merangsang hormon dopamin yang membuat hati lebih bahagia.

Baca Juga: Polisi Periksa 12 Pengelola Hotel terkait Dugaan Mafia Karantina

5. Beribadah
Kalau kamu punya kehidupan yang baik dan kecukupan materi, tetapi masih sering merasa sedih. Mungkin ini disebabkan karena spiritualitas yang kering. Spiritualitas adalah naluri yang butuh untuk dipenuhi. Kamu bisa memenuhinya dengan cara mendekatkan diri pada tuhan, beribadah, berdoa atau berbuat kebaikan. Dan penelitian membuktikan, saat kita beribadah tubuh akan menghasilkan senyawa serotonin, makanya tubuh dan pikiran akan lebih tenang setelah beribadah.***

Editor: Faisal Haluan

Sumber: fimela

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Cara Praktis Menyimpan Cabai Agar Tahan Lama

Minggu, 6 Februari 2022 | 20:21 WIB

4 Zodiak Diyakini Paling Gampang Bikin Patah Hati

Selasa, 11 Januari 2022 | 21:39 WIB

Terpopuler

X