Ikuti 6 Tips Ini untuk Mendisiplinkan Diri Menghemat Uang

- Minggu, 6 Februari 2022 | 19:30 WIB
Ilustrasi menabung
Ilustrasi menabung

HALUAN KALTIM - Menabung mungkin terlihat sulit dilakukan, tapi sebenarnya tidak juga. Menabung justru membantumu lebih stabil secara finansial. Dan tentunya itu akan bermanfaat untuk masa depanmu.

Orang-orang cenderung sulit menabung dan menghemat uang karena mereka tidak disiplin dalam melakukannya. Nah, jika kamu ingin berhasil dalam menabung, tips berikut ini dapat membantumu. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Tetapkan Tujuan Keuangan
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui apa yang sebenarnya kamu butuhkan, secara finansial. Menetapkan tujuan keuangan seperti apa yang ingin kamu capai dengan mengikuti tujuan jangka panjang dan pendek, bagaimana kamu akan mewujudkannya dan hal-hal apa yang harus kamu lepaskan dapat sangat membantu dalam membentuk strategi yang jelas dan efektif untuk akhirnya mulai menabung.

Baca Juga: Ungkap 5 Obat Covid-19 yang Terbukti Tidak Bermanfaat, Zubairi Djoerban: Termasuk Ivermectin

2. Bersikaplah Realistis
Menetapkan tujuan yang tinggi adalah baik jika kamu benar-benar mampu mencapainya. Apakah kamu memiliki sumber penghasilan yang cukup tinggi untuk mencapai tujuan keuanganmu, misalnya, menabung 50% dari penghasilan untuk masa depan yang lebih baik dan mandiri secara finansial, atau apakah kamu memiliki kewajiban lain yang juga perlu diprioritaskan? Kamu harus mempertimbangkan apakah ini bisa dilakukan secara praktis.

3. Buat Daftar Anggaran
Membuat daftar anggaran adalah cara yang efektif untuk mengatur pemikiran dan mencatat hal-hal yang perlu kamu lakukan sebelum kamu mencapai hasil yang memuaskan. Misalnya, buatlah daftar hal-hal atau impian yang hanya dapat kamu capai jika kamu mulai bertanggung jawab secara finansial. Apa yang kamu inginkan dan apa tujuan akhirmu? Daftar periksa penting untuk memotivasi diri sendiri dan membuatmu memiliki gambaran yang lebih jelas tentang strategi penghematan uang.

Baca Juga: Video Mobil Nekat Lawan Arus di Tol Jakarta-Tanggerang Viral di Medsos

4. Sabar
Menikmati hasil kerja bisa memakan banyak waktu, dan jika kita berbicara tentang rekening bank yang meningkat, itu bisa memakan waktu bertahun-tahun. Keberuntungan juga berpihak padamu, dan memiliki disiplin untuk mengawasi pengeluaran dan membatasi pengeluaran yang tidak perlu sehingga kamu dapat menyisihkan cukup uang untuk tujuan tabungan bulanan, kamu dapat membuat perbedaan besar.

5. Mengubah Gaya Hidup
Kebanyakan anak muda menjalani gaya hidup yang menuntut keuangan dan ini adalah salah satu alasan utama mengapa sulit bagi mereka untuk menabung dan menyisihkan cukup uang untuk masa depan. Mengubah gaya hidup seseorang dan mengatasi kebutuhan untuk membelanjakan uang untuk tren mode dan gadget yang cepat berlalu hanyalah dua tanda kedewasaan finansial. Pikirkan tentang itu.

Baca Juga: Warga Bekasi Temukan Mayat Mengambang di Polder Bendungan Koja Jatiasih, Polisi Amankan Ini

Halaman:

Editor: Faisal Haluan

Sumber: fimela

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Cara Praktis Menyimpan Cabai Agar Tahan Lama

Minggu, 6 Februari 2022 | 20:21 WIB

4 Zodiak Diyakini Paling Gampang Bikin Patah Hati

Selasa, 11 Januari 2022 | 21:39 WIB

Terpopuler

X