Kapolri Minta Seluruh Polda-Polres-Polsek Responsif Terhadap Aduan Masyarakat di Medsos

- Sabtu, 18 Desember 2021 | 11:01 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Dok. Humas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Dok. Humas Polri)

HALUAN KALTIM - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta kepada seluruh polda, Polres hingga Polsek untuk selalu merespons pengaduan masyarakat yang dilaporkan melalui media sosial (medsos).

Menurutnya, era digital sekarang ini, masyarakat cenderung mengadukan sesuatu kepada aparat via medsos. Karena itu, semua jajaran kepolisian daerah harus responsif dalam menanggapi pengaduan tersebut.

Baca Juga: Seorang Pelaku Penipuan Investasi Alkes Kembali Dibekuk Polisi

"Saya sendiri (sebagai kapolri), setiap harinya ada empat sampai lima laporan yang masuk ke akun media sosial saya," ujar Sigit seusai menghadiri Rakor Anev Itwasum Polri 2021 di Yogyakarta.

 

Sigit mengatakan, pengaduan-pengaduan tersebut sebetulnya ada di ranah polda, polres, bahkan kasus-kasus di tingkat polsek. Jadi laporan yang mampir ke akun medsosnya itu tak mungkin semuanya bisa ditanganinya, sampai di level Mabes Polri.

Untuk itu, Sigit meminta pengaduan maupun pelaporan melalui medsos kerap dilimpahkan ke jajarannya di daerah untuk ditindaklanjuti ataupun direspons.

Baca Juga: Catat! Sebanyak 15.725 WNA Masuk Indonesia Melalui Bandara Soeta Sejak 19 November hingga 16 Desember 2021

"Tolong dicek dumas (pengaduan masyarakat) di polres, polda, bisa berjalan dengan baik. Peristiwa di polres dan polsek lapornya ke Kapolri. Tolong bantu saya, tolong cek, bagaimana sistem pengaduan masyarakat di level polres dan polsek ini," tuturnya.

Menurut Sigit, pelaporan ke medsosnya itu menunjukkan adanya persoalan yang buntu antara masyarakat dan kepolisian di daerah. Kondisi tersebut yang membuat masyarakat lebih memanfaatkan akun medsos kapolri untuk pelaporan atau sekadar pengaduan.

Halaman:

Editor: Faisal Haluan

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Belum Terima Penangguhan Penahanan Adam Deni

Sabtu, 5 Februari 2022 | 15:59 WIB

Terpopuler

X