Ekstradisi Diteken, Kejagung Inventarisir Nama Buronan di Singapura

- Kamis, 27 Januari 2022 | 13:42 WIB
Gedung Kejagung  (Dok. puslitbang.kejaksaan.go.id)
Gedung Kejagung (Dok. puslitbang.kejaksaan.go.id)

HALUAN KALTIM - Data para buronan yang berada di luar negeri, termasuk Singapura masih menginventarisir oleh Kejaksaan Agung (Kejagung). Hal tersebut seiring dengan penandatanganan perjanjian ekstradisi Indonesia-Singapura.

Direktur Upaya Hukum Eksekusi dan Eksaminasi (Uheksi) Jampidsus Kejagung Andi Herman mengatakan pihaknya tengah menyusun nama daftar pencarian orang (DPO) yang kabur ke luar negeri.

"Sedang kita kumpulkan buronan yang kemungkinan ditengarai ada di situ, ini sementara tim bekerja untuk melakukan inventarisasi buron-buron yang ada di luar negeri termasuk yang ditengarai sekarang ini apakah berada di Singapura," ungkap Andi saat dikonfirmasi, Rabu.

Baca Juga: TIM DVI Ungkap 17 Nama Korban Terbakar di Karaoke Double O Sorong, Berikut Nama-namanya

Menurut Andi, Jaksa Agung Muda bidang Pidana Khusus akan berkoordinasi dengan Jaksa Agung Muda bidang Intelijen untuk mengetahui keberadaan para buron di luar negeri. Pasalnya, para buron ini kerap kali berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain.

"Ya, ini masih diinventarisir karena kan updatenya itu kan ada moving, mobile ya, nanti kita coba mendapatkan informasi secara intelijen bahwa kemungkinan keberadaan di sana kita akan melakukan koordinasi," tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan PM Singapura Lee Hsien Loong menyaksikan penandatanganan sejumlah nota kesepahaman antara Indonesia dan Singapura. Salah satunya perjanjian mengenai ekstradisi.

Baca Juga: Resmob Polsek Cilincing Gagalkan Aksi Tawuran, Dua Pelaku Diamankan

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menyebut langkah ini sebagai momen bersejarah. Pasalnya, perjanjian ekstradisi dengan Singapura sudah lama diupayakan, yakni sejak 1998.***

Editor: Faisal Haluan

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Belum Terima Penangguhan Penahanan Adam Deni

Sabtu, 5 Februari 2022 | 15:59 WIB

Terpopuler

X