Berikut 7 Kebiasaan Harian yang Berdampak Buruk bagi Kesehatan, Salah Satunya Bergosip

- Jumat, 26 November 2021 | 10:41 WIB
Ilustrasi aktivitas sehari-hari (PMJ News)
Ilustrasi aktivitas sehari-hari (PMJ News)

 

 

HALUAN KALTIM - Setiap orang mungkin mempunyai kebiasaan yang mungkin tak menyehatkan, namun hal tersebut tampak biasa. Bila kebiasaan tak menyehatkan itu dilakukan secara terus-menerus, tentu bisa memicu masalah ke depannya.

Seperti dilansir dari laman Eat This Not That, Jumat (26/11/2021), beberapa dokter membeberkan ada tujuh kebiasaan umum yang tampak biasa, namun perlu dijauhi karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

1. Membiarkan Haus
Hidrasi tubuh yang terjaga dengan baik bisa membantu menunjang ingatan tetap sehat, suasana hati tetap stabil, dan pikiran tetap termotivasi.

Baca Juga: Densus 88 Antiteror Fokus Kejar Otak Kelompok Teroris dari JI

Selain itu, hidrasi tubuh yang baik juga dapat membuat kulit menjadi kenyal dan mempermudah racun di dalam tubuh keluar lebih optimal. Kekurangan asupan cairan dan dehidrasi dapat memunculkan efek yang sebaliknya.

2. Mengecek Ponsel Sesaat Setelah Bangun Tidur
Chief Medical Officer dari Better U, dr Sam Zand, menganjurkan setiap orang untuk menahan diri agar tidak langsung mengecek ponsel mereka ketika bangun tidur.

Coba luangkan waktu sejenak untuk latihan bernapas, meditasi, melakukan peregangan, menulis jurnal rasa syukur, atau mengatur niat. Menurut dr Zand, perubahan sederhana ini bisa membuat hari-hari berjalan dengan lebih baik.

3. Menyantap Makanan yang Sama Setiap Hari
Spesialis penyakit dalam dan anak, dr Simoni Baid, sangat tidak menganjurkan orang-orang untuk menyantap makanan yang sama setiap hari.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan 1.200 RS untuk Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19 Pasca Libur Nataru

Dr Baid mengatakan, setiap orang perlu mengonsumsi jenis makanan yang ebragam dengan warna hingga tekstur yang bervariasi. Keberagaman ini dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi dan mencegah masalah pencernaan seperti konstipasi dan kembung.

Halaman:

Editor: Faisal Haluan

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X