Pemerintah Siapkan 80 Ribu Tempat Tidur RS untuk Hadapi Serangan Omicron

- Rabu, 12 Januari 2022 | 15:57 WIB
Ilustrasi tempat tidur rumah sakit (Pixabay)
Ilustrasi tempat tidur rumah sakit (Pixabay)

HALUAN KALTIM - Pemerintah telah mempersiapkan rumah sakit dalam rangka mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, khususnya varian Omicron.

Terdapat 80 ribu tempat tidur rumah sakit yang disiapkan. Namun, jumlah tersebut diperkirakan bisa terus meningkat hingga 150 ribu.

Baca Juga: seorang Wanita Tewas Bersimbah Darah di Bekasi, Diduga Korban Pembunuhan

"Pemerintah sudah menyiapkan rumah sakit, ada sekitar 80 ribu tempat tidur yang siap ditempati dan saat ini sudah terisi 3 ribu. Jadi kita masih punya ketersediaan banyak," kata Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi SadikiN, Rabu 12 Januari 2022.

Ia juga menyebut pemerintah turut menyiapkan beberapa obat-obatan untuk perawatan Covid-19 dan memastikan protokol kesehatan dapat terlaksana dengan baik.

"Kita juga menyiapkan obat-obatannya, ada 400 ribu molnuvirapir. Dalam hal ini kita juga memastikan protokol kesehatan yang baru untuk perawatan di rumah sakit," jelasnya.

Tak hanya itu, sekitar 16 ribu lebih oksigen generator telah didistribusikan ke seluruh rumah sakit di Indonesia. Bahkan, 36 oksigen generator tersebar di sejumlah rumah sakit yang ada di luar Pulau Jawa.

Baca Juga: Tak Punya Uang, Taliban Bayar Pegawai di Afghanistan Pakai Gandum Sumbangan dari Negara Luar

"Langkah-langkah ini merupakan bentuk kewaspadaan dan siaga kita. Jadi tidak usah panik melihat kenaikan kasus nantinya, sebab kalau kita bersama kita semua pasti bisa," tukas Budi.***

Editor: Faisal Haluan

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ahli: Gejala Omicron Bisa Muncul di Mata dan Hidung

Sabtu, 5 Februari 2022 | 17:42 WIB

Jumlah Positif Covid-19 di DPR RI Bertambah 142 Orang

Kamis, 3 Februari 2022 | 22:08 WIB

Terpopuler

X