Berikut Ciri Gejala Omicron Pada Orang yang Telah Divaksinasi

- Minggu, 30 Januari 2022 | 23:25 WIB
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron (indotren.com)
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron (indotren.com)

HALUAN KALTIM - Varian Omicron menyebar begitu cepat dan menyebabkan lonjakan kasus Covid di Amerika Serikat. Namun tidak seperti Delta, Omicron tampaknya menyebabkan jumlah infeksi terobosan yang jauh lebih tinggi.

Dokter telah mengonfirmasi bahwa baik orang yang tidak divaksinasi maupun yang sudah divaksinasi lengkap, dapat tertular varian ini. Meskipun mungkin mereka mengalami gejala yang sangat berbeda.

Faktanya, ada gejala Covid yang jauh lebih mungkin dialami pada orang yang sudah divaksinasi daripada pada orang yang tidak divaksinasi, begitu pula sebaliknya.

Baca Juga: Pelaku Pemerasan dengan Modus Pura-pura jadi Korban Tabrak Lari Terancam 4 Tahun Penjara

Varian Omicron memiliki kemampuan untuk menyebar ke individu yang sudah divaksinasi dan tidak divaksinasi, cara manifestasinya tampaknya berbeda.

Seorang Profesor di New York University Meyers College of Nursing, Maya N Clark-Cutaia, mengatakan orang yang sudah divaksinasi dan terinfeksi Omicron, cenderung lebih mengeluhkan sakit kepala, nyeri tubuh, dan demam hingga pilek parah.

Di sisi lain, sesak napas, batuk, dan gejala mirip flu lainnya, hanya benar-benar menyerang orang yang tidak divaksinasi dan terinfeksi varian ini.

Baca Juga: Akui Berselingkuh dengan Pria Diduga Seorang Menteri, Nama Rifa Handayani Jadi Trending

Direktur Kesehatan Global dalam Pengobatan Darurat di New York-Presbyterian dan Columbia University Medical Center, Craig Spencer, mengatakan, orang yang telah dibooster juga mungkin mengalami sakit tenggorokan, sementara mereka yang diberi dua dosis mungkin mengalami kelelahan dan batuk.

"Tapi tidak ada yang sesak napas," kata Craig.

Halaman:

Editor: Faisal Haluan

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ahli: Gejala Omicron Bisa Muncul di Mata dan Hidung

Sabtu, 5 Februari 2022 | 17:42 WIB

Jumlah Positif Covid-19 di DPR RI Bertambah 142 Orang

Kamis, 3 Februari 2022 | 22:08 WIB

Terpopuler

X