Simak 3 Tips Menghindari Modus Kejahatan Pencurian Data Lewat Phising, Jangan Terjebak!

- Rabu, 1 Desember 2021 | 11:40 WIB
Ilustrasi Phising (Shutterstock)
Ilustrasi Phising (Shutterstock)

HALUAN KALTIM -Jangan langsung diklik jika kamu menerima pesan berisi tautan atau link yang akan membawamu ke suatu situs, karena bisa saja pesan itu adalah salah satu modus kejahatan phising.

Sebagai informasi, phising merupakan sebuah modus kejahatan untuk mendapatkan data seseorang, dengan memancingnya untuk memberikan secara sukarela. Diantaranya melalui sebuah tautan atau link.

Mereka yang tidak sadar menjadi korban phising, akan mengklik link tersebut, dan diarahkan menuju situs palsu yang sudah disiapkan pelaku untuk mendapatkan data-data korban.

Baca Juga: Seorang Remaja Tembak Sejumlah Siswa di Sekolah Menengah, 3 Dikabarkan Orang Tewas

Oleh karena itu, beberapa orang kerap tidak menyadari bahwa mereka telah menjadi korban phising.

Phising dapat dilakukan pelaku melalui media apapun, mulai dari website yang dibuat menyerupai aslinya, email atau pesan singkat yang memuat tautan, membuat akun media sosial palsu, hingga telepon secara langsung.

Ada berbagai data yang kerap menjadi incaran pelaku phising seperti data pribadi yang memuat NIK, nomor KK, alamat, nomor HP, atau bisa juga meliputi data finansial, seperti nomor rekening, PIN, hingga kode OTP, dan data berupa akun media sosial, seperti username, password, maupun email.

Dalam melancarkan aksinya, pelaku biasanya menambahkan kata-kata yang menarik agar korban mau mengklik link yang telah disematkan dengan modus mendapatkan hadiah, voucher, kupon, dan lainnya, sehingga korban yang tergiur pun akan dengan mudah menuruti pelaku, dan memberikan data-datanya dengan sukarela.

Baca Juga: BNPT sebut Tokoh Agama jadi Pintu Masuk dan Pintu Keluar Radikalisme dan Terorisme

Selain melalui tautan atau link, kejahatan phising juga dapat dilakukan melalui sebuah berkas atau file yang dikirimkan pada korban.

Halaman:

Editor: Faisal Haluan

Sumber: Tasikmalaya - Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X