Ini 4 Ruas Tol yang Diberlakukan Ganjil Genap Mulai Senin Besok

- Minggu, 19 Desember 2021 | 22:15 WIB
Pemberlakuan ganjil genap (PMJ News)
Pemberlakuan ganjil genap (PMJ News)

 

HALUAN KALTIM -  Untuk menekan mobilitas masyarakat selama libur Natal dan Tahun Baru 2022 dan demi mencegah penyebaran virus Covid-19, Pemerintah akan mulai menerapkan aturan ganjil genap di empat ruas jalan tol.

Aturan ganjil genap direncanakan akan diterapkan di ruas tol Tangerang-Merak, ruas tol Bogor-Ciawi-Cigombong, ruas tol Cikampek-Palimanan-Kranci, dan ruas tol Cikampek-Padalarang-Cileunyi.

Baca Juga: Korban Dugaan Pemerkosaan Driver GoCar akan Divisum Polisi

PT Jasa Marga (Perseto) menyatakan akan mendukung pemerintah dalam implementasi sistem ganjil genap di tol. Rencananya kebijakan ganjil genap diterapkan pada 20 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

"Kami pada prinsipnya akan mendukung kebijakan yang diambil dari pemerintah tersebut," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru Santoso beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Kemenkes sebut Varian Omicron Lima Kali Lebih Cepat Menular

Diberitakan sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan selain di ruas tol kebijakan ganjil genap juga akan diterapkan di wilayah aglomerasi, ibu kota provinsi, area tempat wisata, dan wilayah peningkatan mobilitas.

"Sistem ganjil genap diterapkan di ruas jalan tol Tangerang-Merak, ruas tol Bogor-Ciawi-Cigombong, ruas tol Cikampek-Palimanan-Kanci, ruas tol Cikampek-Padalarang-Cileunyi dari tanggal 20 Desember 2021 -2 Januari 2021," ungkap Budi saat rapat bersama Komisi V DPR, Rabu (1/12/2021).

Baca Juga: Buka hingga Tengah Malam, Petugas Gabungan Segel Tempat Karaoke Rabbithole di Senayan

Selain menerapkan ganjil-genap, lanjut Budi, pemerintah juga akan menerapkan buka-tutup tempat istirahat (rest area). Adapula sistem satu arah (one way), sistem lawan arah (contraflow), serta melakukan tes acak di rest area dan tempat-tempat yang ditetapkan.

Halaman:

Editor: Faisal Haluan

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X