Segerombolan Monyet Turun ke Permukiman Warga di Garut, Diduga Ini Penyebabnya

- Rabu, 5 Januari 2022 | 12:48 WIB
Ilustrasi Monyet  (Pixabay)
Ilustrasi Monyet (Pixabay)

HALUAN KALTIM - Serangan gerombolan binatang liar jenis monyet ke permukiman serta lahan pertanian warga di Kampung Cigasong, Desa/Kecamatan Cilawu, Garut, sejak dua pekan terakhir membuar resah warga.

"Sejak dua pekan terakhir, selalu ada gerombolan monyet yang turun ke permukiman dan lahan pertanian warga. Hal ini tentu saja membuat warga resah dan khawatir," ujar Andri, salah seorang warga Kampung Cigasong, Desa/Kecamatan Cilawu.

Baca Juga: Pria yang Aniaya Suami Selingkuhannya di Tangsel Diringkus Polisi

Dikatakannya, warga resah karena monyet-monyet tersebut menyerang dan merusak tanaman palawija yang ada di kebun milik warga.

Serangan gerombolan monyet tersebut telah menyebabkan tanaman palawija seperti singkong, ubi, serta kacang rusak dan umbinya habis.

Menurut Andri, monyet-monyet liar itu bahkan juga sudah berani menyerang kedai kopi miliknya yang posisinya berada di pinggir jalan raya Garut-Tasikmlaya.

Kebetulan di kedai kopi miliknya banyak terdapat buah-buahan seperti pepaya dan pisang yang memang sengaja disiapkan untuk makanan luwak.

Persediaan makanan untuk luwak itu pun, tuturnya, tak terlepas dari sasaran monyet-monyet liar. Kehadiran gerombolan monyet liar di kedai kopi luwak miliknya itu bahkan sempat diambil videonya oleh pegawai.

Baca Juga: Lockdown 'Ekstrem' di China, Warga Barter HP demi Dapatkan Makanan

Andri menduga gerombolan monyet liar yang menyerang permukiman warga itu berasal dari kawasan hutan Cirorek yang kini mulai rusak akibat terjadinya alih fungsi lahan.

Halaman:

Editor: Faisal Haluan

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X