Mengejutkan, BlackBerry Suntik Mati Semua Layanan Ponsel Lawasnya

- Rabu, 5 Januari 2022 | 13:17 WIB
Ilustrasi BlackBerry
Ilustrasi BlackBerry

HALUAN KALTIM - Produsen ponsel asal Kanada, BlackBerry mengeluarkan kabar mengejutkan, hal ini lantara BlackBerry mengumumkan secara resmi menghentikan operasi OS mulai 4 Januari 2021 yang selam ini digunakan polsel ini.

Dengan pengumuman tersebut, secara tidak langsung BlackBerry menyuntik mati ponsel lansiran mereka yang menggunakan sistem operasi 10 atau lebih rendah.

"Perangkat yang menggunakan layanan dan perangkat lunak tersebut, apakah melalui penyedia layanan atau koneksi WiFi, tidak lagi benar-benar berfungsi," papar BlackBerry, Rabu, 5 Januari 2022.

Baca Juga: Alih Kelola Bandara Kualanamu ke India, Said Didu: Penjualan Aset Negara Lewat Belakang

Seiring penghentian layanan itu, fungsi utama dari ponsel BlackBerry seperti data internet, panggilan telepon, SMS dan memanggil nomor darurat 911 tidak lagi bisa digunakan.

Selain itu, BlackBerry juga menghentikan sistem operasi tablet yang menggunakan OS 2.1 juga versi terdahulu.

Dijelaskan BlackBerry, penghentian sistem operasi karena mereka ingin memberikan layanan keamanan intelijen perangkat lunak bagi pelanggan perusahaan dan pemerintahan.

Keputusan ini juga membuat pengguna tidak lagi bisa menggunakan dukungan layanan perangkat lain seperti membuka layanan email yang menggunakan domain BlackBerry, BlackBerry Link, BlackBerry Desktop Manager, BlackBerry Blend dan BlackBerry Protect.

Baca Juga: Segerombolan Monyet Turun ke Permukiman Warga di Garut, Diduga Ini Penyebabnya

Seperti diketahui, BlackBerry merupakan penguasa pasar ponsel di era tahun 2000-an. Bahkan penjualan BlackBerry dilaporkan mencapai 50 unit setiap tahunnya.

Halaman:

Editor: Faisal Haluan

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X