Mendagri Ancam Berikan Sanksi Disinsentif ke Daerah yang Capaian Vaksinasi di Bawah 70 Persen

- Jumat, 17 Desember 2021 | 21:22 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian (dok, 99.co)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian (dok, 99.co)

HALUAN KALTIM - Bagi Kepala Daerah yang capaian vaksinasi covid-19 tidak mencapai target yakni 70 persen pada dosis pertama sampai akhir tahun 2021 harus siap-siap mendaptkan sanksi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian.

Penyataan tersebut disampaikan Mendagri Tito dalam Rapat Koordinasi Strategi Percepatan Vaksinasi di Auditorium Pendopo Gubernur Sumatera Barat, Jumat 17 Desember 2021.

Baca Juga: 24 Desember Diprediksi jadi Puncak Warga Menyeberang Pelabuhan Merak ke Bakauheni

"Bagi daerah yang tidak mencapai target 70 persen, akan kami evaluasi berupa teguran dan akan diberikan sanksi berupa disinsentif atau tidak akan diberikan tambahan Dana Insentif Daerah," jelas Tito seperti dikutip dari siaran pers Puspen Kemendagri.

Sebaliknya, kata Tito bagi daerah yang telah memenuhi target, akan diusulkan kepada Kementerian Keuangan untuk diberikan tambahan Dana Insentif Daerah dan Dana Alokasi Umum.

Tito mengungkapkan, jika angka capaian vaksinasi Covid-19 suatu daerah jomplang tentunya akan mempengaruhi capaian nasional. Dia mencontohkan capaian vaksinasi di Sumatera Barat yang belum mencapai 70 persen.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Petakan Lokasi untuk Arena Balap

"Karena itu, melihat Sumatera Barat (Sumbar) angka capaian vaksinnya masih di bawah 70 persen, maka saya inisiatif untuk ke sini. Saya sudah melapor ke Presiden, dan beliau minta untuk ditingkatkan," tuturnya.

Menurut Tito, pemerintah saat ini tengah memantau capaian vaksinasi seluruh daerah. Selain Mendagri, Presiden juga menugaskan Menteri Kesehatan, Kapolri, Panglima TNI, dan Kepala BIN untuk bergerak mendorong akselerasi vaksinasi.

Baca Juga: Atlet MMA yang Diduga Terlibat Pengeroyokan Ditangkap Polisi

Halaman:

Editor: Faisal Haluan

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Viral Eks Kader PKS Sebut IKN Tempat Jin Buang Anak

Minggu, 23 Januari 2022 | 14:47 WIB

Mensesneg: Rencana Penambahan Wamen Belum Ada

Minggu, 9 Januari 2022 | 13:48 WIB

Terpopuler

X