Tjahjo Kumolo: Tidak ada Rencana Polri di Bawah Kementerian

- Minggu, 2 Januari 2022 | 22:22 WIB
Menteri PANRB Tjahjo Kumolo. (setkab.go.id.)
Menteri PANRB Tjahjo Kumolo. (setkab.go.id.)

HALUAN KALTIM - Terkait adanya usulan agar struktur Polri ke bawah kementerian ditanggapi oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Borokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo.

"Yang saya pahami memang tidak ada rencana Polri di bawah kementerian," tegas Tjahjo Kumolo dalam keterangannya, Minggu 2 Januari 2022.

Tjahjo menjelaskan, tugas dan fungsi Polri sebagai pelindung masyarakat dan penegak hukum sudah tepat. Jadi sebagai alat negara, Polri harus berdiri sendiri sebagai suatu lembaga.

Baca Juga: Viral Video Sejoli PNS di Sumut saat Digerebek Warga karena Berbuat Mesum

"Polri harus mandiri sebagai alat negara sebagaimana BIN dan TNI," ujarnya

Sebelumnya, Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Agus Widjojo mengusulkan pembentukan Kementerian Keamanan Dalam Negeeu dan Dewan Keamanan Nasional. Agus mengusulkan agar nantinya Polri di bawah kementerian tersebut.

"Untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban perlu ada penegakan hukum, itu Polri. Seyogianya diletakkan di bawah salah satu kementerian, dan Polri seperti TNI, sebuah lembaga operasional," jelas Agus dalam pernyataan akhir tahun 2021.

Baca Juga: Viral Dugaan KDRT oleh Suami ke Istrinya di Bandung, Keluarga Tampilkan Tampang Pelaku di Medsos

"Operasional harus dirumuskan di tingkat menteri oleh lembaga bersifat politis, dari situ perumusan kebijakan dibuat, pertahanan oleh TNI, dan keamanan ketertiban oleh Polri," imbuhnya.

Editor: Faisal Haluan

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Viral Eks Kader PKS Sebut IKN Tempat Jin Buang Anak

Minggu, 23 Januari 2022 | 14:47 WIB

Mensesneg: Rencana Penambahan Wamen Belum Ada

Minggu, 9 Januari 2022 | 13:48 WIB

Terpopuler

X