22 Juta Rakyat Indonesia Kelaparan Kronis Era Jokowi, Rocky Gerung: Pemerintah Gagal Memelihara Negara

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 18:44 WIB
Ilustrasi rakyat kelaparan (Pixabay/Kasun Chamara )
Ilustrasi rakyat kelaparan (Pixabay/Kasun Chamara )

HALUAN KALTIM - Salah satu lembaga riset internasional, Asian Development Bank (ADB) mengeluarkan kabar mengejutkan terkait kondisi kemakmuran masyarakat Indonesia.

ADB mengungkapkan jika ada sebanyak 22 juta rakyat Indonesia yang mengalami kelaparan kronis pada era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menanggapi kondisi tersebut, pengamat politik, Rocky Gerung berujar jika laporan yang dibuat oleh ADB menandakan bahwa Indonesia dalam keadaan yang mengkhawatirkan.

Baca Juga: Fenomena Spirit Doll, Psikolog: Jika Diperlakukan sebagai Anak maka Kemungkinan Seseorang Mengalami Delusi

"Artinya itu riset yang serius karena menyangkut kalkulasi dari lembaga-lembaga donor untuk mengambil risiko membantu Indonesia. Jadi keadan ini betul-betul mengkhawatirkan kita karena pemerintah terus mengatakan ini terkendali dan kemakmuran ada," kata Rocky Gerung.

Namun, menurut Rocky Gerung, pernyataan yang diberikan oleh pemerintah kontras dengan kondisi yang ada di lapangan.

Bahkan, ada kemungkinan jika ada penambahan jumlah penduduk yang mengalami kelaparan kronis dengan adanya pandemi Covid-19 mengingat ADB melakukan riset pada satu tahun sebelumnya.

"Itu pasti data setahun atau dua tahun lalu karena begitu riset ADB. Kita bikin saja kalkulasi saat ini setelah adanya Covid-19, harga naik, dan bahan pokok tidak bisa dicapai oleh keluarga miskin. Jadi mungkin sekali sudah dua kali lipat," ujar Rocky Gerung.

Menyoroti laporan ADB yang menyatakan 22 juta masyarakat di Indonesia mengalami kelaparan kronis, Rocky Gerung menyebut jika pemerintah telah gagal dalam memelihara negara.

Baca Juga: Menyerah Cari Pasangan Manusia, Pria Ini Malah Ingin Nikahi Robot Humanoid Bernama Emma

Halaman:

Editor: Faisal Haluan

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Viral Eks Kader PKS Sebut IKN Tempat Jin Buang Anak

Minggu, 23 Januari 2022 | 14:47 WIB

Mensesneg: Rencana Penambahan Wamen Belum Ada

Minggu, 9 Januari 2022 | 13:48 WIB

Terpopuler

X